ILOVECILEGON.CO - Sayembara Deklamasi E-Sastera Malaysia Tingkat Umum Se-Banten,  di laksanakan di Convention Hall Matahari Lama, pada Sabtu (27/8). Acara yang dimulai pukul 08.00 ini di buka oleh Pembina Lentera Internasional, Mukti Jayaraksa.

Sayembara ini diikuti sekitar 80 peserta perwakilan dari semua daerah Provinsi Banten,  yakni Cilegon, Serang, Pandeglang, Lebak, dan Tangerang. Bahkan menurut ketua pelaksana,  Fajar Timur,  sebenarnya masih banyak peserta yang mau daftar,  tapi panitia terpaksa menutup pendaftaran lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.

Lantaran jumlah peserta yang banyak dengan kualitas yang bagus,  Juara 1 sayembara ini,  Dzikri Ari Ramadhan, mengaku sempat pesimis. "Alhamdulillah jadi juara, ga nyangka banget, karena memang pesertanya banyak, dan mereka bagus-bagus juga," katanya.

Lelaki asal Lebak yang kini menempuh pendidikan di UNTIRTA jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia ini mengaku sangat gembira dapat turut dalam ajang bergengsi yang digelar dua organisasi sastra lintas negara.

El Trip Umiuki, salah satu juri dalam acara ini mengatakan, "Ini membahagikan, melihat antusias dan potensi sastra di Banten, dari 80 peserta, ada sekitar 50 anak-anak yang berpotensi. Dan, jika anak-anak ini dibina, dibimbing, dan diarahkan, pasti akan lebih bagus lagi dari ini," katanya saat selesai menjuri.

Selain itu, El Trip juga menambahkan, "Ya mudah-mudahan adik-adik ini bisa melihat, bahwa hari ini bukan sekedar lomba, tetapi ada sisi lain, yaitu apresiasi. Sehingga mereka jadi lebih suka sastra, karena ketika mereka sudah suka sastra, mereka akan menulis dan membaca. Karena orang sukses itu diantaranya yang suka menulis dan membaca," pungkasnya.

Sementara itu,  Presiden Lentera Internasional,  Muhammad Rois Rinaldi, menyampaikan bahwa 10 finalis akan dididik dan diorbitkan sebagai "Sepuluh Deklamator Terbaik Banten".

Dan 10 finalis tersebut di antaranya:
1 Zham Sastera (Pandeglang)
2 Gina Nuryana (MA Alkhairiyah Karang Tengah) Juara Ketiga
3 Bima Setiawan (MTs Alkhairiyah Karang Tengah) Juara Harapan 3
4 Husniyah (Teater Lidi) Juara Harapan 2
5 Dwi Adam (SMAN 1 Cilegon)
6 Devi Choirun nissa (SMKN 1 Cilegon)
7 Nur Rahayu (MAN 4 Pandeglang) Juara Kedua
8 Dzikri Ari (Kafe Ide Untirta) Juara Pertama
9 Mulya Tiara Fauziah (Malimping-Lebak) Juara Harapan 1
10 Siti Nurhalisah (MA Alkhairiyah Karang Tengah)

Penyair yang jadi langganan penerima anugerah sastra lintas negara ini mengatakan kegiatan ini bukan semata-mata perlombaan. Perlombaan bukanlah tujuan, katanya, melainkan sebagai media untuk sampai pada tujuan yang sesungguhnya.

"Kami punya tujuan yang lebih luas, yakni menghidupkan dunia sastra. Selain itu menjadikan sastra sebagai sarana silaturahmi antarbangsa. Kami sangat berterima kasih kepada segenap pengurus E-Sastera Malaysia karena sudah bekerjasama dengan sangat baik," pungkas Rois. | Adi Sudrajat

Foto By: Ferdiyan

Foto Lainnya:
 Juri: Mahdi Duri, Rois Rinaldi, El Trip.

Penampilan salah satu peserta Asal Cilegon.

 Mas El Trip memberi wejangan kepada para peserta.

Presiden Lentera Internasional, Rois Rinaldi berbagi ilmu cara berpuisi yang baik dan benar.


Pihak I Love Cilegon, mendapat kehormatan dari Presiden Lentera Internasional untuk menyerahkan Hadiah Juara 2.



Dari kiri: Ega (Seniman), El Trip (Juri), Juara Harapan 3, Juara Harapan 2, Juara Harapan 1, Juara 3, Juara 2, Juara 1, Rois Rinaldi (Presiden Lentera Internasional)